Konsultan Pernikahan

Close Icon
   
Contact Info     0812 8410 2222

Persiapan Pernikahan

Persiapan PernikahanApa yang terbayang oleh anda pada saat melakukan persiapan pernikahan? Terutama bagi anda yang tinggal di kota besar seperti di Jakarta? Cetak undangan, nama yang akan diundang, persiapan gedung, konsumsi, baju seragam, baju pengantin, adat yang digunakan, bentuk pelaminan, honeymoon? Mungkin inilah yang dengan cepat terlintas dalam benak kita. Apakah hal ini salah?

Tidak ada yang salah dengan pemikiran ini. Namun saya ingin mengajak anda yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan untuk tidak berhenti sampai dengan hal yang sudah kita singgung tadi. Saya ingin mengajak melakukan persiapan tidak hanya dari sisi materi dan seremonial, tapi juga melakukan persiapan yang sifatnya lebih fundamnetal yang akan menjadi pondasi dalam kehidupan pernikahan anda kelak.

Pertanyaan pertama adalah apa alasan anda menikah? Apa yang anda bayangkan tentang sebuah pernikahan? Apa peran anda dalam kehidupan pernikahan? Apa impian anda dalam pernikahan? Visi anda? Bagaimana konsep keluarga bahagia menurut anda? Apa saja yang anda persiapkan? Sudahkah anda mempersiapkan mental anda untuk masuk ke dalam fase baru dalam kehidupan anda? Siapkah anda untuk berubah? Bagaimana dengan faktor ego anda? Keinginan anda untuk dimengerti? Daftar pertanyaan ini bisa dilanjutkan lebih panjang lagi…¬†Bagaimana jika semua pertanyaan diatas ditanyakan juga kepada calon pasangan hidup anda? Sudahkah dia memilki jawabannya? Siapkah anda mendengar jawabannya?

Lalu seberapa kenal anda dengan pasangan anda? Karakternya? Impian hidupnya? Caranya berkomunikasi? Apa yang membuat dia semangat, apa yang mematikan semangat dia? Seberapa besar keinginan dia untuk berubah? Sudahkah anda berdua memiliki skill yang cukup untuk mengarungi bahtera pernikahan? Apa bekal yang telah anda miliki? Mudah-mudahan hal ini tidak membuat anda menjadi stress :).

Sadarkah anda, banyak pasangan yang menikah dengan cara terjun bebas? ¬†“… yang penting kami saling mencintai, kita sudah saling suka dan kita memutuskan untuk menikah. Selanjutnya kita lihat saja nanti…”. Apakah ini salah? Saya tidak ingin mengatakan salah atau benar. Namun anda bisa bayangkan jika anda melakukan terjun bebas tanpa pernah melakukan persiapan dan latihan yang cukup?

Beberapa dari anda mungkin berpikir: ¬†“… ah, koq rumit banget sich mau nikah aja… kayaknya nggak gitu-gitu banget dech..” Anda benar, apa yang saya sampaikan terdengar rumit dan terlalu perfeksionis. Tapi sadarkah anda, apa yang saya tanyakan tadi akan muncul dalam satu fase kehidupan pernikahan anda nantinya? Sadarkah anda, seringkali saat pertanyaan itu muncul suasananya sudah tidak nyaman lagi? Sadarkah anda, biasanya pasangan mulai sadar karena sudah mulai ada konflik?

Lalu bagaimana dengan yang sudah menikah? Proses ‘pengenalan’ ini anda bisa lakukan sekarang juga. Bagi yang sedang mengalami kesulitan dalam kehidupan pernikahan anda, bisa mendapatkan bantuan yang ahli di bidangnya.

Keputusan ada di tangan anda. Selamat menikmati prosesnya :)

Untuk janji konsultasi hub: 0812 8410 2222 atau email: TanyaIndraNoveldy@gmail.com

Ingin mendapatkan tips dan info untuk meningkatkan kualitas kehidupan pernikahan? Follow saya di twitter: @noveldy

Post Tagged with

Leave a Reply